SMPN 1 LUMAJANG

Serentak, 250 lebih siswa baru SMPN 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2020-2021 mengikuti MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) secara online

Sebanyak 250 lebih peserta didik baru tahun pelajaran 2020-2021 SMPN 1 Lumajang secara serentak mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Senin (13/7) sampai Rabu (15/7). Pembukaan MPLS 2020 oleh kepala sekolah yang dilaksanakan secara daring atau online tersebut dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah disusun.

Pembukaan dilakukan kepala sekolah Bapak Mohamad Ismantoro, S.Pd. melalui aplikasi Zoom Meeting dari Ruang TLC milik SMPN 1 Lumajang tepat pukul 07.00 waktu setempat.

“Pelaksanaan MPLS secara daring ini dilaksanakan berdasarkan kebijakan pusat, bahwa sekolah belum bisa melakasanakan pembelajaran secara tatap muka bila wilayah tersebut masih zona merah. MPLS tetap berjalan seperti sediakala, namun dengan cara yang berbeda karena kita harus tetap waspada dengan menggunakan protokol kesehatan,” ujar Bapak Kepala sekolah.

Meski demikian, beliau berharap para siswa dan seluruh guru serta pihak yang terkait dengan kegiatan ini tetap menjaga optimisme dan semangat selama proses pendidikan meski harus dilakukan secara online.

Ia juga mengajak seluruh para siswa berdoa agar pandemi Covid-19 segera berakhir dan para siswa dapat mengikuti kembali belajar di sekolah. “Saya harap para siswa tetap bisa memulai tahun ajaran baru ini dengan semangat dan gembira meski dalam situasi yang masih darurat kesehatan,” tutur beliau sambil tersenyum.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang Drs. Agus Salim menjelaskan bahwa berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri dalam Negeri, maka kegiatan pembelajaran wajib dilaksanakan dengan metode jarak jauh baik online maupun offline. Khususnya bagi daerah yang berdasarkan kondisi penyebaran Covid-19 belum masuk kategori zona hijau.

Bahkan kegiatan ini bisa dilihat langsung melalui akun FB milik SMPN 1 Lumajang. Sebelum proses MPLS online serentak dilaksanakan melalui Zoom, terlebih dulu calon siswa baru mengikuti Pra MPLS yang dilaksankan pada tanggal 11 Juli . adapun kegiatannya pada saat itu tersusun sbb :

09.00-09.15 Prakata Kesiswaan/OSIS
09.15-09.45 Paparan dan Penjelasan Teknis Pelaksanaan MPLS
09.45-10.30 Pengenalan Quiziz
10.30-11.00 Pengenalan kegiatan polling
Selesai

Selanjutnya komunikasi secara efektif dilakukan melalui forum WAG. Tata tertib selama pelaksanaan MPLS daring terus disosialisan oleh sekolah, misalnya calon siswa menggunakan atribut seragam Sekolah asal. Dengan harapan siswa tetap disiplin dalam mengikuti zoom meeting walaupun dilakukan secara daring.

@chusnul dan tim jurnalistik siswa spensalu

One thought on “Serentak, 250 lebih siswa baru SMPN 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2020-2021 mengikuti MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) secara online

  1. Alhamdulillah di Spensalu bisa dilakukan MPLS dan PJJ, anak” bisa tetap belajar
    Terima kasih kepada seluruh dewan guru dan osis sudah mendampingi putra kami
    JAYA TEERRRRUUUSS SPENSALU
    SEMANGATπŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻
    BarokAlloh ilmunya dan semoga lancar di PJJ berikutnya Aamiin yaa robb🀲🏻🀲🏻🀲🏻

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat Datang di SMPN 1 LUMAJANG
Jaga kesehatan dengan mengikuti Protokol Kesehatan
SMPN 1 Lumajang | Sekolah Rujukan | Sekolah Informatika
Join With Us........SPENSALU | 17 Februari 1946
SPENSALU | Boundless Creativity | Kreativitas tanpa batas