SMPN 1 LUMAJANG

Sosialisasi produk simpanan pelajar Bank Jatim di SMP Negeri 1 Lumajang

Kebiasaan akan menjadi sebuah karakter. Demikian pepatah menyampaikan. Karakter yang umum dilakukan oleh masyarakat dalam sebuah lingkungan akan menjadi sebuah budaya di tempat tersebut. SMP Negeri 1 Lumajang menyadari bahwa pembiasaan di lingkungan sekolah apabila dilakukan sejak dini akan menghasilkan generasi yang luar biasa.Selain program karakter membaca dan mencintai lingkungan hidup, sekolah berusaha menanmkan karakter mampu mengelola keuangan mulai usia kecil agar hidup hemat dan terarah.

Untuk kepentingan tersebut, sekolah berinisiatif menghadirkan pihak perbankkan untuk memberikan sosialisasi tentang pentingnya menabung, menyisihkan sebagian kecil uang saku pemberian orang tuanya untuk membantu menyelesaikan masalah keuangan yang sewaktu-waktu mereka perlukan.

Pada hari Sabtu, 3 Agustus 2019 bertempat di halaman tengah sekolah, beberapa petugas dari Bank Jatim Kab. Lumajang berkesempatan untuk memberikan sosialisasi simpanan pelajar kepada seluruh siswa SMPN 1 Lumajang.Selama kurang lebih satu jam para pelajar mendapatkan pemaparan produk tabungan bagi mereka. Tentu saja acara pagi itu berlangsung penuh keseruan. Disamping para narasumber tampil menawan, mereka juga membawa hadiah-hadiah menarik untuk merangsang anak-anak bertanya atau pun menjawab pertanyaan mereka.

Simpanan Pelajar Produk Terbaru Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Perlu diketahui bahwa SIMPEL yang merupakan singkatan dari Simpanan Pelajar, yang diciptakan khusus untuk kalangan pelajar. Tabungan diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia, dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik, dalam rangka edukasi dan inklus keuangan untuk mendorong budaya menabung. Inklusi keuangan sendiri  adalah kemudahan akses untuk mendapatkan informasi mengenai keuangan. Tabungan pelajar SIMPEL dicetuskan oleh pemerintah dan dijalankan oleh OJK. Produk tabungan pelajar SIMPEL (simpanan pelajar) memiliki beragam manfaat bagi untuk anak. Dengan membuka tabungan pelajar SIMPEL memberikan mereka pengalaman belajar untuk membangun budaya gemar menabung dan melatih mengelola keuangan mereka sendiri.

Sebagai produk simpanan khusus untuk pelajar, nasabah tabungan ini bisa saja mulai dari anak usia dini (PAUD) sampai SMU dan sekolah sederajatnya.Dalam sambutannya, pembina kesiswaan berharap agar para siswa SMPN 1 Lumajang dapat mengelola uang saku pemberian orang tua dengan baik. Hal ini pun disambut baik oleh kepala sekolah.Beliau berharap agar kerjasama sekolah dan pihak bank khususnya Bank Jatim Lumajang dapat menghasilkan kesepakatan yang saling bersinergi disamping untuk menumbuhkan karakter positif pada anak.

Serius : Peserta didik SMP Negeri 1 Lumajang tampak serius menyimak pemaparan tentang pentingnya menabung dan mengelola keuangan dengan baik sejak dini.
Simpel : Untuk lebih mengenali produk simpanan pelajar ini bank ada yang bekerja sama dengan pihak sekolah sehingga lebih memudahkan orang tua untuk mendaftarkan anaknya ikut simpanan pelajar ini seperti yang dilakukan .
Gembira : Suasana sangat gembira,apalagi para siswa banyak mendapatkan hadiah menarik.

“Karakter baik harus senantiasa dipupuk dan didukung” demikian harapan Bapak Sujanar selaku kepala sekolah menutup perbincangan.

(Laporan /Noelle ;D)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat Datang di SMPN 1 LUMAJANG
Jaga kesehatan dengan mengikuti Protokol Kesehatan
SMPN 1 Lumajang | Sekolah Rujukan | Sekolah Informatika
Join With Us........SPENSALU | 17 Februari 1946
SPENSALU | Boundless Creativity | Kreativitas tanpa batas