SELAMAT DATANG DI PLS SMP N 1 LUMAJANG

Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMP N 1 Lumajang,bebas perploncoan

Sesuai anjuran Bapak menteri pendidikan,pelaksanaan program PLS yang menjadi bagian dari proses penerimaan siswa baru di sekolah,terutama di SMPN 1 Lumajang berjalan dengan baik.

Tahun ajaran yang dimulai sejak 15 Juli 2019, disambut antusias warga sekolah.Kegiatan penyambutan siswa khususnya siswa baru yang dilakukan panitia program PLS di SMPN 1 Lumajang mulai nampak sejak pukul  05.00 WIB.

APA PLS  ITU ?

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), sebelumnya disebut Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

PLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

TUJUAN PLS

Mengacu pada Permendikbud nomor 18 tahun 2016, tujuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah:

  • 1.  Mengenali potensi diri siswa baru;
  • 2.  Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;
  • 3.  Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;
  • 4.  Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya;
  • 5.  Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

MANFAAT PLS

 manfaat mengikuti PLS itu apa ya?

Mengenalkan siswa sesuatu yang baru

Menjadi warga sekolah yang baru siswa tentu akan dikenalkan pada hal-hal baru. Semangat dan cara belajar, seragam sekolah, lingkungan sekolah, auturan dan tata tertib yang baru, termasuk cara bersikap dan bertingkah laku di sekolah baru.Termasuk guru dan warga lainnya di sekolah yang baru.

Mengenalkan siswa pada lingkungan baru

Siswa baru perlu mengenal semua lingkungan baru di sekolah. Dengan mengenal lingkungan ini, siswa akan bersemangat untuk belajar. Lingkungan sekolah baru terdiri dari lingkungan fisik dan personal.

Yang termasuk lingkungan fisik antara lain: areal sekolah, ruang belajar, fasilitas pendukung belajar, dan sarana prasarana lainnya. Sedangkan lingkungan personal antara lain kepala sekolah, majelis guru dan pegawai serta semua personal yang ada di sekolah.

Mengarahkan siswa pada program dan cara belajar yang efektif

Di sekolah baru siswa akan mengalami program dan cara belajar yang baru. Pengarahan ini bertujuan agar siswa dapat memulai belajar dengan penuh semangat untuk meraih prestasi belajar yang baik.

Prestasi belajar dimaksud adalah prestasi akademik dan prestasi nonakademik sebagai wujud pengembangan diri siswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *