SMPN 1 LUMAJANG

Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Raya Iduladha 1440 H: Hikmah di Balik Pengorbanan Sang Nabi

SAKSAMA : Khatib Habib Alwi mengisi khutbah pasca selesainya pelaksanaan salat Iduladha, para jemaah menyimak dengan saksama.

12/08/2019 – Lumajang,

SMPN 1 Lumajang mengadakan kegiatan peringatan Hari Raya Iduladha 1440 H yang berlangsung dari tanggal 10 hingga 12 Agustus. Acara ini menjadi agenda tahunan yang telah berlangsung sejak berdirinya sekolah rujukan ini. Rangkaian kegiatan tersebut terdiri atas lomba-lomba, pelaksanaan salat Iduladha, dan penyembelihan hewan kurban.

CINTA LINGKUNGAN : Penggunaan bungkus dari anyaman bambu sebagai wujud cinta lingkungan sangat diperhatikan oleh panitia.

Pada tanggal 10 Zulhijah, umat muslim sedunia tengah mengenang pengorbanan Nabi Ibrahim a.s. dan putranya yang saleh, Ismail a.s.. Hari Raya Iduladha sarat akan makna dan kaya hikmah. Ada banyak pelajaran yang bisa dipetik. Salah satunya adalah pengorbanan untuk yang kita cintai.

Kurban bermula dari perintah Allah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya. Nabi Ibrahim menerima perintah itu lewat mimpi. 

Nabi Ibrahim lalu menyampaikan perintah itu kepada anaknya. Mereka pun menaati perintah itu. Saat Ismail kecil memejamkan mata dan akan disembelih, Allah mengganti sang anak dengan seekor domba kibas yang besar. 

Lewat perintah itu, Allah hendak menguji ketaatan Ibrahim. Kisah ini terdapat dalam Alquran surat Ash-Shaffat ayat 103-107.

KURBAN : Para siswa mengamati prosesi penyembelihan sapi kurban yang dilakukan panitia guru.

Kisah Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan anak yang dicintainya ini menjadi latar belakang terjadinya pelaksanaan kurban. Setelah perintah turun kepada Nabi Ibrahim, Allah memerintahkan pelaksanaan kurban kepada Nabi Muhammad pada setiap Hari Raya Idul Adha.

Kurban bermakna pengorbanan pada sesuatu yang dicintai, yakni harta yang telah diperoleh. Dengan berkurban, artinya kaum muslim memberikan sebagian hartanya untuk membeli hewan kurban, menyembelihnya, lalu makan dan membagikan dagingnya kepada orang-orang di sekitar.

“Berbagi kenikmatan dan kebahagiaan agar bisa dinikmati oleh orang lain serta belajar ikhlas terus menerus,” ungkap Hajah Siti Ramlah Dukhan, Amd.Pd, salah satu guru SMPN 1 Lumajang.

Berkurban pada Hari Raya Idul Adha juga jelas dapat mendekatkan diri kepada Allah dan mencerminkan sikap takwa. Allah juga mengampuni dosa-dosa orang yang berkurban.

Rangkaian kegiatan lomba yang diselenggarakan pada tanggal 10 Agustus 2019 terbagi menjadi beberapa lomba. Kegiatan tersebut terdiri atas lomba komik strip dengan tema Hari Raya Iduladha, lomba kaligrafi kategori mushaf, dan lomba nasyid yang diikuti seluruh kelas di setiap jenjang, disertai lomba video pendek bernuansa islami, diikuti kelas 7 dan kelas 8.

PARTISIPASI : Salah satu siswa, Nova Aisyah, menunjukan partisipasinya dalam lomba kaligrafi kategori mushaf.

Lomba komik strip diikuti oleh 23 kelompok yang terdiri dari 3 siswa perwakilan masing-masing kelas. Karya pemenang dari lomba ini direncanakan akan ditampilkan di web majalah SMPN 1 Lumajang.

Lihat juga : Majalah Satu Pena SMPN 1 Lumajang

Lomba yang paling merebut antusiasme warga sekolah adalah lomba nasyid. Lomba ini diikuti oleh perwakilan setiap kelas dari seluruh jenjang yang membawakan lagu-lagu bernuansa islami. Penampilan yang paling menarik datang dari kelas 9E yang membawakan lagu Tombo Ati dengan iringan gitar, calti, dan drumbox.

MERIAH : Persembahan kelas 9E mengundang tepuk tangan meriah dari penonton.

Sedangkan untuk pelaksanaan salat Iduladha dilakukan pada tanggal 11 Agustus 2019 serta menghadirkan Habib Alwi dari Denok sebagai khatib. Kegiatan ini diikuti para siswa dan sebagian wali murid. Pelaksanaan salat ini berlangsung khusyuk dan tertib.

KHUSYUK : Suasana saf jemaah wanita setelah melaksanakan salat Iduladha dengan khusyuk.

Rangkaian kegiatan terakhir yaitu penyembelihan hewan kurban berlangsung pada tanggal 12 Agustus 2019. Terdapat dua belas kambing dan seekor sapi yang disembelih pada hari Tasyrik pertama itu. Penyembelihan tahun ini menghasilkan total 721 bungkus daging yang terdiri dari 248 daging kambing dan 473 daging sapi. Daging dari hewan kurban akan didistribusikan kepada siswa dan masyarakat di sekitar lingkungan SMPN 1 Lumajang yang membutuhkan.

PEMOTONGAN : Proses penyembelihan dan pemotongan hewan kurban memerlukan kejelian petugas.

Dengan adanya rangkaian kegiatan ini, diharapkan seluruh siswa dan warga sekolah dapat memaknai Hari Raya Iduladha ini dan mengambil ilmu-ilmu baru sehingga dapat diamalkan di kehidupan sehari-hari.

Kontributor : Nabilla, Aisyah, Keisya, Salma, dan Faizah.

2 thoughts on “Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Raya Iduladha 1440 H: Hikmah di Balik Pengorbanan Sang Nabi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat Datang di SMPN 1 LUMAJANG
Jaga kesehatan dengan mengikuti Protokol Kesehatan
SMPN 1 Lumajang | Sekolah Rujukan | Sekolah Informatika
Join With Us........SPENSALU | 17 Februari 1946
SPENSALU | Boundless Creativity | Kreativitas tanpa batas