Membangun Jiwa Kepemimpinan,Pengurus OSIS Lama Meng-LDKS Pengurus OSIS Baru SMP N 1 Lumajang

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan wawasan siswa dalam hal leadership atau kecakapan dalam kepemimpinan, 2-3 November 2019 yang lalu pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Negeri 1 Lumajang mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Kegiatan ini dipandu oleh Pembina OSIS Bapak Iwan Hadi Santoso,S.Pd. dan Bapak H.Abdul Ghani, sebagai Waka Kesiswaan. Penyampaian beberapa materi disampaikan oleh narasumber dari berbagai kalangan. Ada yang dari guru, ada yang berasal dari aktivis organisasi di kabupaten termasuk dari Mantan Ketua OSIS periode 2009 – 2010. Seluruh peserta LDK sejumlah 50 siswa ikut aktif mengikuti dari pembukaan sampai dengan selesai pada keesokan harinya. Latihan Dasar Kepemimpinan / LDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya yang diberikan oleh Pengurus OSIS lama kepada calon Pengurus OSIS baru, baik untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas.

KEMAL GHIFARY : Salah satu mantan ketua OSIS SMP N 1 Lumajang menyampaikan materi dan memberi motivasi kepada para peserta LDK.Tampak para peserta sangat antusias.

Upacara pembukaan, berlangsung mulai pukul 14.00 siang di aula sekolah. Dalam pidatonya Bapak Kepala Sekolah menyampaikan pesan agar para siswa yang mengikuti LDK ini dapat mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir dengan penuh disiplin. Sehingga hasilnya akan baik dan bermanfaat untuk kebaikan organisasi.

PENGURUS OSIS LAMA : Pengurus OSIS lama memberikan materi permainan kepada peserta LDK.

Pemberian materi berlangsung hingga malam hari, tepat pukul 20.30 seluruh peserta diklat mengikuti pemberian materi dari alumni ketua OSIS periode 2009-2010 yakni Kemal Ghiffari yang sekarang telah lulus menempuh sarjananya daeri Fakutas Hukum UII Yogyakarta. Sebelumnya mereka mendapatkan materi penyusunan proposal dan Cara berkomunikasi. Siswa berkesempatan untuk menyaksikan film pendek yang diputar untuk memberi gambaran nilai-nilai kehidupan.Siswa sangat antusias dan seketika bersemangat karena filmnya sangat menarik.

PEMBUKAAN LDK : Pembukaan LDK berlangsung hikmat dan langsung dipimpin Kepala Sekolah.

Sebelum beranjak ke tempat istirahat, peserta melaksanakan salat Isya di Masjid Al-Azhar. Ada beberapa siswa yang sengaja menunda istirahat sebentar untuk membeli makanan atau kopi dan minuman hangat yang disediakan oleh panitia.

PESERTA LDK : Keceriaan peserta LDK mulai awal sudah mewarnai suasana di seputar tempat kegiatan.

Penutupan dilakukan pukul 09.30 oleh Bapak Iwan Hadi Santoso setelah melakukan senam pagi bersama , sarapan dan bersih-bersih. Sebelumnya pada pukul 03.00 siswa melakukan salat tahajjud dilanjut renungan yang dipimpin olek Kak Kustari.@chusnul

Tinggalkan Balasan