SMPN 1 LUMAJANG

Belajar Demokrasi, Pemilihan Ketua OSIS dan MPK SMPN 1 Lumajang Seperti Pemilu

KANDIDAT TERPILIH : Setelah melalui proses penjaringan dan seleksi yang ketat akhirnya muncul nama-nama yang berhak maju dalam pemilihan Ketua OSIS dan Ketua MPK SMP N 1 Lumajang.

SMP Negeri 1 Lumajang menggelar pemilihan ketua OSIS masa bakti 2019-2020 dengan sistem seperti pemilihan umum (Pemilu), Sabtu (7/10). Kegiatan yang digelar di halaman tengah tujuannya, untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa.Kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari seluruh warga sekolah. Nampak hadir dalam prosesi tersebut salah seorang anggota komite sekolah Muhammad Taufik, M.Hum bersama seluruh dewan guru dan semua staf admin sekolah.
Sejumlah properti ala KPU seperti bilik suara dan laptop untuk proses pemilihan disiapkan pada proses pemilu ketua OSIS dan Ketua MPK tersebut. Sebelum mengklik pilihan mereka, ratusan siswa nampak mengantre untuk mengisi daftar hadir yang disiapkan oleh kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Setelah mengisi daftar hadir, para siswa dipersilahkan untuk menuju bilik suara yang telah disiapkan di dalamnya sebuah laptop yang siap diisi dengan nama, nomor urut induk pemilih. Untuk selanjutnya pemilih akan meng-klik nama kandidat yang dipilihnya secara digital. Foto para kandidat sudah siap berikut nama lengkap mereka. Dengan mudah para pemilih menentukan pilihannya sesuai hati nurani.
Setelah mencontreng atau klik kandidat secara digital online, KPPS memberikan tanda berupa tinta di tangan pemilih agar tidak ada pemilih yang memilih lebih dari satu kali. Selanjutnya, hasil pilihan akan langsung muncul di layar monitor dalam bentuk grafik yang ditayangkan langsung di area pelataran sebelah.

LAYAR PEMILIHAN UMUM : Untuk Pilihan Ketua OSIS dan Ketua MPK para pemilih cukup mengisi nama dan NIS serta mencontreng nama kandidat, cukup dengan satu klik saja. Karena sudah ada nama nomor urut dan foto. Perangkat laptop disediakan pada setiap bilik suara.


Kepala Sekolah SMPN 1 Lumajang, Sujanar,S.Pd.,M.M. mengatakan pemilihan Ketua OSIS dan ketua MPK layaknya Pemilu merupakan kegiatan rutin yang sudah digelar kurang lebih 10 tahun di SMPN 1 Lumajang. Hanya untuk tahun ini lebih menyesuaikan seiring dengan kemajuan teknologi. Tujuannya memberikan pendidikan demokrasi dan mengenalkan siswa-siswi sejak dini tentang tahapan dalam Pemilu.
“Kegiatan pemilihan ketua OSIS diawali penjaringan calon, seleksi, debat kandidat, pemaparan visi misi dan proses pemilihan,” kata Sujanar. Setelah itu, kata H.Abdul Ghoni selaku wakasek bidang kesiswaan, hasilnya dapat dilihat hari ini juga. Karena perhitungan dilakukan secara cepat dan akurat.
Sementara itu, publik mengapresiasi pelaksanaan pemilihan ketua OSIS SMPN 1 Lumajang, sebagai sesuatu yang luar biasa. Belum pernah ada pemilihan ketua OSIS dan Ketua MPK dilakukan dengan teknik digital seperti ini. Mungkin, satu-satunya di Kabupaten Lumajang, Pemilu sekolah dilaksanakan secara digital online. Itu dilihat dari komentar para orang tua dalam grup percakapan yang terpantau oleh beberapa guru. Melalui pemilihan ini maka semua siswa akan terlibat dalam pesta demokrasi tingkat sekolah.
Joko Prayitno salah satu mantan petugas KPPS menyatakan rasa salutnya kepada pihak sekolah yang telah mengadakan pemilu sekolah dengan jujur dan adil. Terlebih, terpantau di lapangan para pemilih memilih jago mereka bukan karena ganteng atau cantiknya, tapi karena visi dan misi mereka. “Ini lah demokrasi, mudah-mudahan adanya pemilihan seperti ini memberikan pemahaman kepada para siswa, tentang proses pemilihan umum sejak dini,” pungkas Iwan Hadi Santoso, Pembina OSIS Spensalu sesaat setelah pesta demokrasi ala siswa itu berakhir. *

PROSES PEMILU SEKOLAH : Kepala sekolah dan para guru mengawali proses pemilihan umum sekolah dengan meng-klik nama kandidat ketua OSIS dan Ketua MPK secara digital.
PEMILU SEKOLAH JUJUR DAN ADIL : Penyelenggaraan pemilu sekolah berlangsung layaknya pemilu sesunguhnya, penerapan aturan pemberian tinta pada jari tujuannnya untuk menghindari memilih dua kali.:)
Layar Quick Count : Hasil hitung cepat dapat disaksikan langsung dari monitor yang disiapkan pihak penyelenggara pemilu sekolah.
PEMILU SEKOLAH BERJALAN SUKSES : Penyelenggara Pemilihan Ketua OSIS disambut antusias seluruh siswa. Mereka memilih para kandidat karena melihat vivi dan misi kandidat, bukan karena para calon mereka nilai ganteng atau cantik 🙂

Berikut adalah foto -foto keseruan proses kampanye kandidat yang berlangsung selang dua hari sebelum pelaksanaan Pemilu sekolah. Yakni pada Sabtu (5/10)

ANTUSIAS : SIswa sangat abtusias mengikuti rangkaian selekasi kandidat yakni kampanye atau orasi program dari tiap-tiap kandidat.
TIM SUKSES : Tim sukses masing -masing kandidat nampak melakukan opening dengan aksi-aksi penuh kreativitas untuk menarik pemilih.
BERADU PROGRAM : Kandidat ketua OSIS dan MPK beradu program untuk meraup dukungan

Laporan Kontributor : Alfiana, Arini, Gea, Zita, Lidya.

One thought on “Belajar Demokrasi, Pemilihan Ketua OSIS dan MPK SMPN 1 Lumajang Seperti Pemilu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi PPDB 2020/2021 cek di menu PPDB
Jaga kesehatan dengan mengikuti Protokol Kesehatan
SMPN 1 Lumajang | Sekolah Rujukan | Sekolah Informatika
Join With Us........SPENSALU | 17 Februari 1946
Link Pendaftaran pilih menu PPDB > Daftar PPDB 2020/2021